Other Menu

Rabu, 29 Januari 2014

Penerimaan Cantar Akpol 2014/2015

Penerimaan Cantar Akpol 2014/2015

Penerimaan Calon Taruna (CANTAR)
Akademi Kepolisian (AKPOL)
Tahun akademik 2014/2015

Akademi Kepolisian (AKPOL) akan menerima
Cantar tahun akdemik 2014 yang pendaftarannya dimulai 24 april 2014 sampai 22 mei 2014,.




Syarat Pendaftaran :
  • Persyaratan Umum:
    1. Warga Negara Indonesia (pria atau wanita)
    2. Usia minimal 16 (enam belas) tahun, maksimal 21 (dua pulus satu) tahun pada saat pembukaan pendidikan
    3. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
    4. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945
    5. Sehat Jasmani dan rohani (Surat Keterangan Sehat dari Institusi kesehatan)
    6. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (SKCK)
    7. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela
    8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia dan bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas kepolisian
  • Persyaratan Lain
    1. berijazah serendah-rendahnya SMU/Madrasah Aliyah jurusan IPA/IPS dengan ketentuan:
      • bagi yang berusia kurang dari 17 tahun dengan ketentuan
        1. nilai rata-rata Ujian Nasinal minimal 8 atau
        2. nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 7,25 s.d 7,99 harus memiliki kemampuan bahasa inggris dengan TOEFL di atas 500
      • bagi yang berusia 17 s.d. 21 tahun memiliki nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 7,25
    2. bagi lulusan tahun 2013 (yang masih kelas III) menggunakan nilai rata-rata rapor kelas III semester 1 dengan ketentuan :
      • bagi yang berusia kurang dari 17 tahun nilai rata-rata minimal 8
      • bagi yang berusia 17 s.d 21 tahun nilai rata-rata minimal 7,25
      • setelah dinyatakan lulus menyerahkan ijazah dan diberlakukan persyaratan poin a
    3. tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku):
      • pria : 165 (seratus enampulah lima) cm
      • wanita : 163 (seratus enampuluh tiga) cm
    4. belum pernah menikah dan sanggup untuk tidak menikah selama dalam pendidikan
    5. bersedia menjalani ikatan dinas pertama (IDP) selama 10 (sepuluh) tahun terhitung mulai saat diangkat menjadi perwira Plri (Masa Dinas Surut tidak diperhitungkan)
    6. memperoleh persetujuan dari orang tua/wali
    7. tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan suatu instansi lain
    8. pada saat mendaftar telah berdomisili di wilayah Polda pendaftaran minimal 1 (satu) tahun
      • yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) setempat dan atau Kartu Keluarga (KK) (bagi yang berusia 17 tahun keatas) 
      • atau surat keterangan Kepala Desa/Lurah berdasakan KK (bagi yang belum berusia 17 tahun). 
      • Bagi yang masih menempuh pendidikan dan lulus belum 1 (satu) tahun dibuktikan dengan rapor/ ijazah dari sekolah yang berada di wilayah Polda pendaftaran
    9. bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan
      • mendapat persetujuan/rekomendasi dari kepala instansi yang bersangkutan
      • bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan, bila diterima dan mengikuti pendidikan pembentukan Taruna Akpol
    10. mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian baik tingkat Panda dan Tingkat Panpus dengan sistem yang sudah ditentukan
Tata Cara pendaftaran :

  1. Membuka website www.penerimaan.polri.go.id setelah website terbuka peserta memilih menu registrasi. Atau bisa melakukan pendaftaran disini
  2. Selanjutnya klik pilihan untuk "Penerimaan Taruna/i Akademi Kepolisian" atau "Penerimaan Inspektur Polisi Sumber Sarjana" atau "Penerimaan Brigadir Polisi" setelah terbuka isikan form registrasi secara lengkap dan benar (tidak dipalsu/sesuai dengan dokumen yang dimiliki peserta. 
  3. Setelah mengisi data, peserta agar memasukkan kode verifikasi sesuai gambar yang muncul pada kolom registrasi 
  4. Selanjutnya memasukkan password sesuai pilihan peserta (minimal 4 huruf/karakter) selanjutnya klik tombol DAFTAR 
  5. Maka akan muncul pesan informasi, selamat anda sudah mengisi form registrasi dengan benar, nomor registrasi ini harap disimpan dengan baik dan selanjutnya untuk penukaran nomor registrasi menjadi nomor ujian paling lambat ... (sesuai dengan yang tercantum pada form registrasi) Untuk informasi lebih lanjut harap melihat pengumuman di masing-masing Polda/Polres. Jika hilang dapat menghubungi Polda masing-masing. 
  6. Berdasarkan hasil registasi diatas peserta datang ke Polda atau Polres/Pabanrim sesuai form registrasi dengan membawa persyaratan lengkap dan menunjukkan nomor registrasi kepada panitia daerah. 
  7. Anda dapat mendownload tata cara registrasi.
    • Apabila jaringan internet dan website mengalami gangguan pada saat proses registrasi online, peserta dapat langsung melakukan pendaftaran ke Polda/Polres tanpa melalui proses registrasi online melalui website.

Jadwal Pendaftaran :

Giat Tingkat Polda (2014)
  • 24 Apr - 22 Mei Daftar & Rikmin Awal 
  • 24 Mei - 4 Juni Rik Kesehatan I
  • 7 Juni - 8 Juni Rik Psikologi
  • 11 Juni - 12 Juni Uji Akademik
  • 14 Juni - 18 Juni Rik Kesehatan II
  • 20 Juni - 24 Juni Uji Jasmani
  •  26 Juni Rik Min Akhir 
  • 29 Juni Sidang Kelulusan Panda

Tingkat Panitia Pusat

  • 1-3 Juli catar ke panpus 
  • 4 menyerahkan persyaratan
  • 5-9 Uji jasmani, renang, & antropomet
  • 9 sidang dan pengumuman
  • 10-15 periksaan kesehatan
  • 15 sidang dan pengumuman
  • 17-19 periksaan psikolgi dan wawancara
  • 19 sidan gdan pengumuman
  • 20-21 uji akademik dan serah teriima nilai ke set panpus
  • 23-24 Rikpil
  • 26 persiapan sidan TAP LULUS 
  • 1 agustus buka pendidikan

Info Tambahan :

  1. Setelah lulus akan memiliki pangkat Polisi Dua (IPDA) bergelar sarjana ilmu kepolisian dengan gaji Rp. 3.265.200 berlum termasuk remunerasi
  2. pendidikan akan resmi dibuka pada tanggal 1 Agustus 2014 di tempat pendidikan AKPOL Semarang  - Jateng
  3. Lama pendidikan yaitu 4 (empat) tahun

Artikel Terkait

4   komentar

Poskan Komentar

Cancel Reply